Ditinjau dari segi ilmu bahasa, ‘psikologi’ berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘psyche’ yang di artikan “jiwa” dan kata ‘logos’ yang berarti ‘ilmu’ (Mangal).Dua kata tersebut bila digabung menjadi ilmu jiwa, sehingga psikologi adakalanya terjemahkan menjadi ‘ilmu jiwa’. Psikologi belajar adalah ilmu yang mempelajari prinsip-prinsip perilaku manusia dalam penerapannya bagi belajar dan pembelajaran. Dengan kata lain, psikologi belajar memberi kontribusi bagi guru ketika ia menjalankan tugas mengajar di dalam kelas sehingga tampak pada kinerjanya ketika mengajar dengan mempertimbangkan prinsip psikologis murid.
Sebelum mengambil kesimpulan tentang pengertian “Psikologi Belajar”, ada baiknya dipelajari dari beberapa pengertian yang telah dirumuskan oleh para ahli tentang “Psikologi Pendidikan” sebagai berikut: (Mahfud)
- Lister D. Crow and Alice Crow, Ph. dalam bukunya “Educational Psychology” menyatakan bahwa psikologi pendidikan ialah Ilmu pengetahuan praktis yang berusaha untuk menerangkan belajar sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditetapkan secara ilmiah dan fakta-fakta sekitar tingkah laku manusia.
- W.S. Winkel dalam bukunya “Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar” menyatakan bahwa psikologi pendidikan adalah salah satu cabang dari psikologi praktis yang mempelajari prasarat-prasarat (fakta- fakta) bagi belajar di sekolah berbagai jenis belajar dan fase-fase dalam semua proses belajar. Dalam hal ini, kajian psikologi pendidikan sama dengan psikologi belajar.
- James Draver, dalam “Kamus Psikologi”. Psikologi Pendidikan (Educational Psychology); adalah cabang dari psikologi terapan (applied psychology) yang berkenaan dengan penerapan asas-asas dan penemuan psikologis problema pendidikan ke dalam bidang pendidikan.
- H. Carl Witherington, dalam bukunya “Educational Psychology”. Psikologi Pendidikan; adalah suatu studi tentang prosesproses yang terjadi dalam pendidikan.
- Belajar dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang dilakukan
individu secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari apa yang
telah dipelajari sebagai hasil dari interaksinya dengan lingkungan
sekitarnya. Aktivitas di sini dipahami sebagai serangkaian kegiatan jiwa
raga, psikofisik, menuju ke perkembangan pribadi individu seutuhnya,
yang menyangkut unsur cipta (kognitif), rasa (afektif), dan karsa
(psikomotorik).
(2002: 2)
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Psikologi Belajar adalah ilmu pengetahuan yang berusaha mempelajari, menganalisis prinsip-prinsip perilaku manusia dalam proses belajar dan pembelajaran.
Sukses trus kesepannya bro, semoga ilmu nya brokah dan bermanfaat untuk orang lain..
BalasHapussemoga ilmunya berkah masdik hehe kereenn!!
BalasHapusSemoga ilmunya berkah dik
BalasHapus